Soal-soal tentang Mikrotik

Gambar terkait




1. Apa yang dimaksud dengan Mikrotik..?
  • sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, provider hotspot dan warnet.


2. Pengertian dari Firewall..?
  • suatu sistem yang dirancang untuk mencegah akses yang tidak diinginkan dari atau ke dalam suatu jaringan internal.


3. DHCP pada mikrotik adalah..?
  • Protocol merupakan layanan yang secara otomatis memberikan ip address ke komputer yang memintanya. Komputer yang memberikan nomor ip address disebut DHCP Server dan yang meminta nomor ip address disebut DHCP Client.
4 Kegunaan Web Proxy dalam mikrotik adalah..?
  • suatu aplikasi yang menjadi perantara antara client dengan server, sehingga client tidak akan berhubungan langsung dengan server-server yang ada di Internet.


5. IP Address adalah..?
  • suatu identitas numerik yang dilabelkan kepada suatu alat seperti komputer, router atau printer yang terdapat dalam suatu jaringan komputer yang menggunakan internet protocol sebagai sarana komunikasi.
6.DNS Server adalah..?
  • server yang digunakan untuk mengetahui IP Address suatu host lewat host name-nya. Dalam dunia internet, komputer berkomunikasi satu sama lain dengan mengenali IP Address-nya.
7. NTP adalah..?
  •  Network Time Protokol yang berguna didalam server dan clients atau bisa juga untuk mengsinkronisasi menggunakan GPS system.
8. Apa yang dimaksud dengan Fitur Proxy pada mikrotik..?
  • kemampuannya untuk Cache FTP dan HTTP proxy server, HTTPS proxy bisa juga untuk transparent proxy DNS dan HTTP, sangat support protokol SOCKS, parent proxy, static DNS.
9. Winbox adalah..?
  • sebuah aplikasi untuk remote dan mengkonfigurasi MikroTik itu sendiri.
10. Fungsi-fungsi mikrotik..?


  1. Dapat digunakan sebagai billing hotspot sehingga memudahkan dalam pengkonfigurasian  dan pembagian bandwitch pada jaringan.
  2. Konfigurasi jaringan internet dapat dilakukan secara terpusat pada mikrotik sehingga memudahkan admin jaringan untuk mengelola jaringan tersebut
  3. Dapat digunakan untuk memblokir situs-situs terlarang yang mengandung konten pornografi dengan menggunakan proxy sehingga tercipta penggunaan internet yang positif
  4. Dapat digunakan untuk pembuatan PPPoE Server
  5. Pengaturan dan Konfigurasi LAN dapat dilakukan dengan hanya mengandalkan PCMikrotik Router OS dengan spesifikasi perangkat keras yang sangat rendah
  6. Memisahkan bandwith traffic internasional dan local, dan lainnya
11. Protokol apa yang digunakan untuk Ping and Trace Route?
  • ICMPmerupakan protokol yang digunakan untuk ngeping dan ngetraceroute.
12. Saat melihat rute (gateway) di Winbox, beberapa rute (gateway) akan menampilkan "DAC" di kolom pertama. Bendera ini berarti :

  •  Dynamic, Active, Connected
13.Berapa banyak lapisan yang dimiliki model Open System Interconnection?
  • 7 model yang terbagi menjadi 2 kubu yaitu kubu Upper Layer dan Lower Layer. Upper Layer terdapat layer Application, Presentation, dan Session. Sedangkan Kubu Lower layer terdapat Transport, Network, Data Link, dan Physical
14. Apa istilah untuk alamat kode perangkat keras yang ditemukan di antarmuka?
  • IP Adress
15.Untuk fungsionalitas routing statis, selain paket sistem RouterOS, Anda juga memerlukan paket perangkat lunak seperti..?
  • None karena Static route memang tidak membutuhkan paket. Static Route memang sudah seperti Routing yang diberikan oleh seluruh alat.
16. / interface wireless access-list digunakan untuk:
  • Handles a list of clients MAC address to permit/deny connection to AP
17. Mode wireless apakah yang bisa digunakan untuk mengkonfigurasikan WDS?
  • ap-bridge dan station-wds ( WDS adalah dimana Station dapat menjadi AP dalam satu waktu namun dengan konsekuensi Bandwidth berkurang 50%. dan untuk membuat WDS kita membutuhkan mode wireless: Bridge, AP-Bridge, WDS-Slave, dan Station-WDS )
18. Saat mengirimkan permintaan ARP, host IP mengharapkan alamat..?
  • MAC Address
19.Pilihan mana dalam konfigurasi kartu nirkabel harus dinonaktifkan agar router mengizinkan hanya klien yang dikenal yang tercantum dalam daftar akses untuk terhubung?
  • Default Authenticate karena  memungkinkan seluruh client dapat terhubung tanpa diseleksi oleh Router jika mode ini di non aktifkan maka kita dapat menentukan Kebijakan klient boleh terkoneksi ke Access Point atau tidak. Jika ingin terkoneksi ke Access Poitn maka pastikan terlebih dahulu Mac Address Device kamu sudah terdaftar apa belum di Access List jika belum maka kamu tidak akan bisa konek ke Access Point
20. Anda perlu mengatur koneksi E1 (T1) dengan PPP yang dikonfigurasi. Tingkat lisensi manakah yang dibutuhkan?
  • Level 5(Penjelasan:E1 adalah setandar yang dipakai di Eropa dan dipakai juga di Indonesia sedangkan T1 adalah Standard Amerika).
21.Saat mengirimkan permintaan ARP, host IP mengharapkan alamat seperti apa untuk sebuah jawaban?
  •  MAC Address(Penjelasan: ARP berguna untuk pemetaan dari tingkat OSI layer 3 ip address ke OSI Layer 2 Mac Address. ARP digunakan hanya di Ipv4 sedangkan untuk Ipv6 menggunakan protokol NDP).
22. Saat dalam konfigurasi kartu nirkabel harus dinonaktifkan agar router mengizinkan hanya klien yang diketahui yang tercantum dalam daftar akses untuk terhubung?

  • Default Authenticate(Penjelasan: Default Authenticate memungkinkan seluruh client dapat terhubung tanpa diseleksi oleh Router jika mode ini di non aktifkan maka kita dapat menentukan Kebijakan klient boleh terkoneksi ke Access Point atau tidak. Jika ingin terkoneksi ke Access Poitn maka pastikan terlebih dahulu Mac Address Device kamu sudah terdaftar apa belum di Access List jika belum maka kamu tidak akan bisa konek ke Access Point)
23.Berapakah protokol default / port winbox (aman)?
  • TCP/8291(Penjelasan: Default Protocol/port untuk Winbox memakai port TCP/8291 sedangkan UDP/5678 untuk Mikrotik Neighborv Discovery Protocol, TCP/22 untuk SSH dan TCP/8080 untuk Web Proxy )
24.Apa jenis pengguna yang tercantum di jendela Rahasia menu PPP?


  • .L2TP users, PPPOE users, PPTP users(Penjelasan:MikroTik RouterOS memiliki klien RADIUS yang dapat mengotentikasi untuk koneksi PPP, PPPoE, PPTP, L2TP dan ISDN. Sedangkan Winbox Users, Wireless Users, dan Hotspot User bukan termasuk di dalam PPP menu.)
25./ daftar akses nirkabel interface digunakan untuk..?
  • Shows a list of Client's MAC address that are already registered at AP(penjelasan: Access List merupaka sebuah Fitur yang biasa digunakan untuk melakukan Filtering pada Access Point. Access List biasanya melakukan Filtering menggunakan Mac Address, Jika Mac Address kamu tidak terdaftar pada Access List yang berada di Access Point maka kamu tidak akan bisa konek ke Access Point tersebut. Sehingga fungsi dari Access List adalah Menampilkan Mac Address client yang dapat terhubung ke Access Point.)
26.Lapisan MAC dengan model OSI juga dikenal sebagai..?
  • Layer 2(Penjelasn: Mac menggunakan OSI Layer 2 yang dimana termasuk kedalam OSI Data Link. OSI Layer 2 mentransfer data antara 2 device yang terhubung. OSI Layer 2 juga dapat mendeteksi dan mungkin memperbaiki kesalahan yang mungkin terjadi pada Layer 1.)
27.Unit dasar jaringan fisik (OSI Layer 1) adalah..?
  • .Bit(Penjelasan:OSI Layer 1 bertanggung jawab dalam transmisi dan penerimaan data mentah dan tidak terstruktur dalam media fisik (Device). Transmisi mungkin di definisikan sebagai Simplex, half Duplex, dan Full Duplex. Protocol data unit yang digunakan OSI Layer 1 adalah Bit.)
28.Di konfigurasi queue RouterOS kata "total" biasanya mewakili..?
  • upload + download(Penjelasan: Queue merupaka konfigurasi yang digunakan untuk melimit atau membatasi Traffic entah itu Traffic download ataupun upload. Implementasi pada Queue berdasarkan  Hierarchical Token Bucket(HTB). HTB memungkinkan untuk membuat struktur antrian hirarkis dan menentukan hubungan antara antrian.HTB mempunyai 4 struktur yang berbeda yaitu:
    global-in:mewakili semua interface masukan secara umum (masuknya antrian). Antrian melekat global di berlaku untuk lalu lintas yang diterima oleh router sebelum packet filtering
    global-out:mewakili semua output interface pada umumnya (egress queue).
    globa-total:mewakili semua interface input dan output bersama-sama (dengan kata lain itu adalah agregasi global-in dan global-out). Digunakan dalam kasus ketika pelanggan memiliki batas tunggal untuk kedua, upload dan download.
    <Interface name>:merupakan satu antarmuka keluar tertentu. Hanya traffic ini yang ditujukan untuk pergi keluar melalui antarmuka ini akan melewati Queue HTB ini.)
29.Paket apa yang memungkinkan ROS melakukan routing statis?
  • system(Penjelasan: ROS merupakan singkatan RouterOS. Static Routing sudah termasiuk kedalam package system)
30.Perintah RouterMikroTik RouterOS bisa dijalankan sekali sehari dengan:
  •  /system scheduler(Penjelasan: command yang digunakan yang berguna untuk menjadwalkan kapan setingan terjadi adalah command /system scheduler)






1





Komentar